Sabtu, 5 Januari 2019

Fractal

Secara Ilmiah, kata Fractal dapat diartikan sebagai sebuah fragmen berbentuk geometris yang dapat dipecah menjadi lebih kecil dengan bentuk relative sama atau serupa. Definisi ini pertama kali ditemukan oleh ilmuan Benoit Mandelbrot pada tahun 1975. Sebenarnya konsep fractal ini sebelum ditemukan, analisa teknikal sedah menggunakan prisip dasarnya. Terutama melalui teori Elliot Wave pada tahun 1930-an.
Fractal disini adalah salah satu dari lima indicator yang di perkenalkan oleh Bill Williams. Indikator ini berfungsi untuk memberikan gambaran alternative tentang titik puncak (top) atau dasar (bottom) dan pergerakan harga suatu instrument pada periode tertentu.
Pada pembahasan ini, definisi sederhana dari fractal naik adalah bar yang memiliki high tertinggi, diapit oleh minimal dua bar ber-high lebih rendah. Demikian berlaku sebaliknya untuk fractal turun. Fractal-fractal yang terbentuk pada titik tertinggi atau titik terendah akan diberikan tanda anak panah.

Penggunaan Fractal

Penggunaan trading adalah dengan mengambil posisi sesuai arah breakout fractal. Jika harga bergerak melewati fractal naik, maka posisi yang diambil adalah buy. Sebaliknya jika harga bergerak melewati fractal turun, maka posisi yang diambil adala Sell. Akan tetapi tidak seluruh fractal dapat dijadikan sinyal. Hanya fractal yang dilalui oleh fractal lain dengan arah yang berlawanan saja yang dapat dijadikan sebagai sinyal. Fractal ada juga yang berjenis start, yakni fractal yang menjadi titik awal fractal sinyal. Dengan kata lain fractal yang selalu disusul dengan fractal lain yang berlawanan arah. Sehingga Fractal Start juga dapat digunakan sebagai penempatan Stop Loss.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

Salam untuk semuaTrader…….

Apa kata :  Dr. Bill William….. Bill William mengembangkan konsep trading yang unik dengan menggabungkan psikologi trading dengan Theor...